Jawa Pos

Pedagang Pernik Dekorasi Optimistis Sambut Imlek

SURABAYA – Perayaan Tahun Baru Imlek 2573 sudah memberikan angin segar bagi penjual pernak-pernik Imlek. Kebiasaan berbelanja sebulan sebelum perayaan kembali dirasakan para pedagang. ’’Kalau tahun-tahun sebelum pandemi, malah persiapan belanjanya lebih lama, lebih dari H-30. Kalau sekarang, sebulan sebelum perayaan sudah banyak yang cari,’’ ucap salah seorang pelapak pernak-pernik dekorasi Imlek Fendy Z.

Penjualannya memang sudah menyamai angka normal sebelum pandemi. Selain karena ekonomi yang membaik, kelonggaran aktivitas sangat berpengaruh. ’’Tahun kemarin kan kami masih terbatas dengan jam operasional. Sekarang sudah normal jamnya, penjualan juga naik,’’ papar pegawai Lotus tersebut.

Dari segi barang yang terjual, Fendy menyatakan bahwa tak banyak perubahan minat dari pembeli. Kebutuhan utama mereka biasanya adalah amplop angpao. Shio yang berubah tiap tahun mengharuskan pelanggan untuk membeli amplop tiap tahun. ’’Beda dengan dekorasi, mereka biasanya cari yang tanpa shio agar bisa dipakai berkali-kali,’’ sambungnya saat ditemui di Pakuwon Trade Center Senin (17/1).

Desain-desain dekorasi klasik justru lebih banyak peminat. Misalnya, lampion yang lonjong dengan warna merah lebih banyak dicari daripada lampion warna lain. Dekorasi yang berkaitan dengan shio juga banyak dijajakan. Banyak hiasan dinding bertema Macan Air yang terlihat menggantung.

’’Masih banyak juga yang beli. Bahkan request jenis tertentu,’’ jelasnya. Begitu juga dengan makanan-makanan khas seperti kue keranjang. Pilihan baju juga dijual meski tak dipasok sebanyak dekorasi dan amplop angpao.

METROPOLIS

id-id

2022-01-19T08:00:00.0000000Z

2022-01-19T08:00:00.0000000Z

https://jawapos.pressreader.com/article/282114934945809

Jawa Pos