Jawa Pos

Pendaftar SNMPN PENS Baru 10 Persen

SURABAYA

– Pendaftaran jalur seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPN) masih berlangsung. Hingga kemarin (18/1) jumlah pendaftar jalur SNMPN Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) masih 10 persen dari kuota yang disediakan. Kesempatan bagi siswa SMA/ SMK sederajat pun masih terbuka lebar untuk mendaftar lewat jalur SNMPN.

Wakil Direktur Bidang Akademik PENS Bambang Sumantri mengatakan, ada dua jalur seleksi yang dibuka saat ini untuk bisa masuk PENS. Yakni, jalur SNMPN dan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Dua jalur tersebut dibuka pada awal Januari. ”Semua jalur tersebut pendaftarannya melalui online,” katanya.

Bambang menuturkan, ada perbedaan dari jalur SNMPN dan SNMPTN untuk masuk politeknik negeri. Jalur SNMPN dikhususkan untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang diploma tiga (D-3). Sementara itu, jalur SNMPTN khusus untuk jenjang sarjana terapan (D-4). ”D-3 ini biasanya dimanfaatkan bagi siswa yang ingin segera bekerja. Sebab, studinya lebih pendek,” ujarnya.

Meski begitu, program D-3 PENS tetap tidak kalah berkualitas dengan program sarjana terapan. Sebab, mahasiswa akan mendapatkan keahlian setelah lulus dan itu sangat dibutuhkan di dunia kerja. ’’Selain itu, alumni D-3 juga bisa melanjutkan studi ke sarjana terapan,” kata dia. Bambang menambahkan, saat ini pendaftaran SNMPN masih berlangsung hingga 18 Maret. Animo pendaftar jalur SNMPN pun belum begitu tinggi karena jadwal pendaftaran masih cukup panjang. ”Banyak siswa yang pendaftaran SNMPN dan SNMPTN sangat berdekatan. Rata-rata pendaftar SNMPN dan SNMPTN masih 10 persen dari jumlah kursi masing-masing jalur,” ucapnya.

Kuota jalur SNMPN PENS tahun ini mencapai 149 kursi atau 35 persen dari total kursi mahasiswa baru yang disediakan.

METROPOLIS

id-id

2022-01-19T08:00:00.0000000Z

2022-01-19T08:00:00.0000000Z

https://jawapos.pressreader.com/article/282157884618769

Jawa Pos